Categories
Default

Pendidikan Anak Dalam Islam Yang Harus Diajarkan Sejak Dini

Pendidikan anak dalam islam harus diberikan sejak dini. Karena ini untuk memperkuat otaknya agar lebih mudah menyerap pelajaran yang diberikan. Selain itu, semakin dini anak belajar ilmu yang didapatkan akan lebih tahan lama sehingga meresap menjadi perilaku dan kebiasaan.

Di artikel berikut ini akan dijelaskan tentang macam-macam pendidikan anak secara islami. Ini dia penjelasan lengkapnya:

1. Dilatih Membaca Al Quran

Pendidikan yang pertama adalah dilatih membaca Al Quran. Seperti diketahui Quran adalah kitab suci umat islam. Sehingga semua muslim harus bisa membacanya. Oleh karena itu, pendidikan ini dimulai dari anak-anak supaya belajarnya lebih mudah.

Selain untuk mendapatkan pahala pendidikan baca Quran ini juga bisa dijadikan pendidikan pertama anak agar cinta pada Al Quran. Karena bukan tidak mungkin setelah mahir membacanya mereka juga tertarik untuk menghafalkannya.

2. Dimasukkan Ke Lembaga Madrasah

Anak usia 7-8 tahun selain disekolahkan di lembaga formal juga harus dimasukkan ke madrasah. Ini bertujuan untuk menyeimbangkan antara ilmu umum dan agama yang diserap oleh anak.

Karena jika anak hanya mendapatkan pelajaran ilmu umum saja tentu tidak akan tahu mana perbuatan yang dilarang agama dan mana yang tidak. Maka dari itu, madrasah adalah lembaga pendidikan anak muslim yang tidak boleh ditinggalkan.

3. Diajari Doa dan Gerakan Sholat

Pendidikan anak dalam islam yang ketiga adalah diajari doa dan gerakan sholat. Karena ini merupakan perintah agama yang wajib dilaksanakan atau anak dan keluarganya akan berdosa.

Nabi memerintahkan untuk melatih anak sholat di usia tujuh tahun. Sehingga ketika umur anak sudah sepuluh tahun sholat sudah bisa dijalankannya dengan sempurna.

4. Sering-Sering Anak Diajak Ke Masjid

Anak seorang muslim tidak dilarang untuk datang ke masjid. Karena ini justru bisa dijadikan latihan bagi mereka untuk lebih mencintai rumah Allah tersebut.

Maka dari itu, sebagai orang tua harus rutin mengajak si kecil ke pengajian atau untuk sholat berjamaah. Tanamkan pada mereka rasa cinta ke masjid agar ke depan tempat mulia itu akan terus didatanginya untuk beribadah.

5. Memberikan Contoh Perilaku Yang Baik (Tauladan)

Pendidikan terbaik untuk anak adalah memberikan contoh teladan yang baik bagi mereka. Hal ini harus dimulai dari orang tua karena pihak ini yang memiliki waktu lebih banyak untuk berkumpul bersama anak-anak dibandingkan orang lain.

Jika orang tua mampu bersikap baik di depan anak itu sudah menjadi pendidikan baginya. Karena otomatis anak akan meniru perilaku tersebut. Maka dari itu, di dalam islam pendidikan ketauladanan sangat penting bahkan menjadi penyebab keberhasilan ketika mendidik anak.

Tanpa adanya ketauladanan pendidikan justru membingungkan anak. Karena ketika di sekolah mendapatkan contoh perilaku yang baik justru sampai di rumah orang tua memberi tauladan yang sebaliknya. Hal ini yang membuat anak memiliki kepribadian tidak kokoh.

6. Membiasakan Anak Menutup Aurat

Setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan diwajibkan untuk menutup aurat. Sebab ini merupakan kewajiban agama yang harus dipatuhi oleh seluruh umat islam. Oleh sebab itu, perlu pendidikan khusus terkait aurat yang diajarkan kepada anak.

Tak hanya itu, anak juga perlu dilatih untuk selalu menutup aurat baik di rumah apalagi di ruang publik. Seperti membiasakan mereka untuk memakai busana syar’i dan menggunakan kerudung.

Jika pendidikan anak dalam islam di atas diberikan dengan teratur dan istikomah tentu anak akan memiliki sifat dan perilaku yang sesuai dengan ajaran islam. Selain beradap dan santun mereka juga memiliki kebiasaan menjalankan ibadah dan beramal sholeh.