Categories
Default

Orang Tua Wajib Tahu Cara Menjauhkan Anak dari Gadget Berikut Ini

Sebelum anak dapat berbicara atau berjalan, mereka sudah kecanduan gadget. Anak yang sudah agak besar atau usia SD, sudah menjadikan gadget sebagai teman dekat. Berita tragis anak kecil yang mengalami kerusakan pada indera penglihatannya sudah terdengar di beberapa daerah. Dan, buah hati yang cenderung kecanduan gadget tidak tertarik bermain di luar. Tahap bersosialisasi, mengenal lingkungan dan lainnya tidak akan dirasakan anak yang berpengaruh pada masa depannya. Oleh sebab itu, orang tua yang bijak sebaiknya mengetahui cara menjauhkan anak dari gadget. Simak ulasan penting di bawah ini.

1. Batasi Jaringan Internet

Orang tua dapat mencoba menghentikan atau membatasi penggunaan internet. Matikan wifi tanpa sepengetahuan anak dapat menghentikan aktivitasnya dengan gadget. Jika menggunakan data seluler maka pastikan data seluler audah mati sebelum memberikannya kepada anak. Namun terkadang anak akan merengek dan bertanya mengapa wifi mati dan sebagainya. Berilah jawaban logis dan tidak akan menimbulkan pertanyaan lanjutan. Misalnya wifi error dan pihak hanya operator yang bisa memperbaiki. Anak tidak tahu siapa dan bagaimana seharusnya wifi bisa hidup kembali. Maka, cara ini dapat dicoba.

2. Beri Batasan Waktu

Buatlah anak berjanji misalnya 10 menit saja untuk menggunakan HP sebelum memberikan HP tersebut. Dan, beri pula pesan moral bahwa orang yang tidak menepati janji adalah manusia yang akan mendapat amarah dari Tuhan. Hal ini sekaligus melatih kedisiplinan anak sejak dini. Berikan ketegasan pada anak, lebih baik menangis dari pada merusak masa depannya.

3. Beri Kesibukan yang Bermanfaat

Anak menjadi pecandu gadget karena merasa bosan, selain itu dapat pula karena teman sepermainannya juga sibuk dengan HP sehingga tidak ada teman bermain. Oleh sebab itu, mengajak anak berkegiatan di luar adalah salah satu cara menjauhkan anak dari gadget. Misalnya mengikutkan anak pada hobi seperti sepak bola, les piano atau kegiatan alam yang akan melatih mental anak dan sebagainya. Pada kumpulan ini, tidak ada yang memegang HP serta ada instruktur yang akan menuntun biah hati menghabiskan waktunya dengan hal yang bermanfaat.

4. Beri Teladan yang Baik

Anak adalah peniru yang hebat terutama dari orang tuanya. Oleh sebab itu, jangan menggunakan gadget di depan anak sehingga anak akan lupa dengan benda tersebut dan melihat orang tuanya yang juga tidak sibuk dengan HP. Habiskan waktu dengan anak sebaik mungkin dengan bercerita tentang harinya di sekolah, bermain bersama atau mengajaknya keluar rumah.

5. Bicarakan Langsung dengan Anak

Jika buah hati sudah menangis dan memaksa menggunakan HP, maka tak ada salahnya mengobrol dengannya secara baik-baik. Katakanlah bahwa gadget bisa merusak mata dan sertakan pula bukti nyatanya. Sampaikan pula bahwa orang tua sayang dan peduli serta tidak ingin buah hatinya seperti anak-anak di berita-berita tersebut. Jika berjanji maka usahakan janji yang dapat ditepati seperti akan memberikan makanan jika sehari mampu tidak menangis karena HP. Tentunya dengan cara itu anak akan mengingat serta menagih janji tersebut, sehingga saat janji yang tidak ditepati oleh orang tua juga berdampak buruk pada pandangan anak terhadap orang tuanya.

Itulah beberapa tips ampuh dan mudah dilakukan untuk membuat anak tidak kecanduan HP. Hal ini juga membutuhkan proses sehingga sebagai orang tua tidak serta merta melarang penggunaan HP oleh anak. Kurangi secara perlahan misalnya dari sehari 3 kali menjadi sehari dua kali dengan mengganti waktu yang dikurangi dengan kegiatan yang lain.

Jadi, secara perlahan anak menghilangkan candu ini tanpa disadari. Cara Menjauhkan anak dari gadget di atas dapat disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Selamat mencoba, Mom!