Categories
Default

Cara Membuat Anak Cepat Tidur Di Malam Hari

Menjaga waktu istirahat anak sangatlah penting, pasalnya hal tersebut sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak itu sendiri. Jika anak tidak tidur pada saat jam tidurnya, maka lakukan berbagai cara atau bujukan agar bisa istirahat secara tepat waktu. Pastikan bahwa anak mendapatkan waktu dan kualitas tidur yang baik agar kesehatan tetap terjaga. Meskipun terkadang agak tricky, ada baiknya para ibu di rumah menyimak bagaimana tips ampuh cara membuat anak cepat tidur di malam hari berikut ini.

1. Hindari Makan Malam Mendekati Waktu Tidur

Hal pertama yang harus dilakukan sebagai cara membuat anak cepat tidur adalah dengan menghindari makan malam mendekati waktu istirahatnya. Hal ini akan membuat anak kembali aktif dan malah semakin ingin beraktivitas lagi loh. Jadi pastikan untuk makan malam dan memberi jeda 3 hingga 4 jam sebelum waktu tidur ya.

2. Buat Anak Lelah

Ajaklah anak untuk beraktivitas sebanyak mungkin agar anak lelah dan mengantuk. Hal ini sangat dianjurkan agar anak bisa tidur secara tepat waktu loh. Salah satu contohnya yaitu dengan membawanya berjalan-jalan keliling kompleks. Dengan begitu anak bisa cepat tidur dalam waktu singkat.

3. Kondisikan Rumah Dalam Keadaan Tenang

Mengondisikan rumah dalam keadaan tenang juga menjadi salah satu cara membuat anak cepat tidur. Dengan keadaan yang tenang dan nyaman, anak jadi lebih mudah untuk diajak tidur. Hindarilah menghidupkan lampu ataupun televisi pada saat menidurkan anak.

4. Tetapkan Waktu Tidur

Menetapkan waktu tidur agar anak konsisten dengan jam istirahatnya adalah cara yang tepat yang bisa dilakukan. Pastikan anak selalu menepati jam tidur yang dibuat tiap harinya dan menjadi sebuah kebiasaan yang harus dilakukan.

5. Berakting Tidur

Ingin anak cepat tidur? berakting tidur bisa jadi salah satu cara tepat yang bisa dilakukan loh. Jika ibu berpura-pura tidur, maka anak pun akan ikut tertidur ketika melihat orang disekitarnya sudah tidur terlelap juga. Sangat mudah bukan?

6. Bacakan Dongeng

Jika anak masih belum tertidur, bisa pula dengan cara membacakannya buku cerita atau dongeng kesukaannya. Pastikan untuk membuat anak jadi penasaran tiap harinya dan selalu ingin mendengarkan cerita, sehingga jam istirahatnya bisa konsisten dan terlaksana dengan baik. Ketika perasaan anak sudah menjadi rileks dan nyaman saat mendengar cerita, maka anak akan merasa ngantuk dan kemudian tidur terlelap dengan sendirinya loh.

7. Jangan Lakukan Kontak Mata

Anak biasanya akan melontarkan berbagai macam alasan atau pertanyaan untuk tidak tidur. Jadi pastikan untuk tidak melakukan kontak mata atau bahkan meladeninya. Hal tersebut hanyalah akal-akalan atau sekadar cerita bohong yang disampaikan agar tidak disuruh tidur loh. Jadi, usahakan setelah menidurkannya hindari kontak mata dan berpindah. Hal tersebut memang terkesan jahat, namun jika dilihat kembali cara tersebut sangat ampuh agar anak cepat tidur lelap.

8. Nyanyikan Lagu Pengantar Tidur

Tidak hanya itu, jika anak menyukai nyanyian pengantar tidur, maka nyanyikan sedikit lagu agar anak bisa rileks dan nyaman. Dengan begitu anak akan cepat terlelap dan tidur secara mudah. Pilihlah lagu kesukaannya yang sekaligus membuatnya senang.

Demikian informasi mengenai tips bagaimana cara membuat anak cepat tidur di malam hari yang bisa dilakukan para ibu di rumah. Menjaga kualitas dan waktu istirahat anak dengan baik akan berimbas pada kesehatannya pula. Tidak hanya itu, mengatur jadwal tidur dengan baik akan memudahkannya pada saat masuk sekolah loh. Semoga bermanfaat dan menginspirasi ya!