Categories
Default

7 Tips Mudah Mengatasi Anak Picky Eater Yang Wajib Diketahui

Dalam masa pertumbuhan, seringkali anak menjadi picky eater dan membuat para ibu menjadi stres bagaimana mengatasinya. Beberapa penyebabnya adalah seperti pernah mengalami pengalaman buruk saat makan dan membuatnya sakit perut, tersedak ataupun sekadar mencari perhatian. Lantas bagaimana tips untuk mengatasi anak picky eater tersebut?

Gejala anak picky eater sangat mudah dikenali, seperti menutup mulut hingga memberontak saat diberi makan. Seringkali makanan yang tidak sesuai apa yang diinginkan seperti sayur dan buah pun menjadi salah satu alasannya. Untuk mengatasinya, ada beberapa tips mudah yang bisa dilakukan seperti berikut ini.  

1. Jangan Paksa Makan

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak picky eater adalah dengan cara jangan memaksanya untuk makan. Jika si kecil mencoba mengalihkan kepalanya saat diberi makan, maka itu tandanya ia sudah tidak mau makan. Coba berikan makanan yang anak sukai dengan jumlah banyak untuk tetap mencukupi nutrisinya. Namun berikan pula pilihan makanan lain untuk diperkenalkan pada anak.

2. Buat Variasi Makanan

Saat anak menjadi picky eater, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh kebosanan atau membutuhkan makanan lain untuk jadi selingan. Coba sajikan menu makanan lainnya dengan cara yang unik, seperti menjadikannya bentuk bento atau mencampurkannya dengan makanan favoritnya. Dengan begitu, anak akan lebih mudah menerima dan menikmati makanannya.

3. Bumbu Penyedap Rasa

Jika sudah mencoba berbagai cara namun tidak berhasil, cara ini bisa jadi solusi. Coba tambahkan bumbu penyedap rasa pada makanan anak dengan porsi yang sedikit, sehingga makanan tidak hambar dan pastinya anak-anak akan menyukainya. Namun pastikan untuk tidak melakukannya setiap waktu untuk menjaga kesehatan si kecil.

4. Hindarkan Anak Dari Gangguan

Pastikan untuk menghindarkan anak dari berbagai gangguan sekitarnya saat makan, seperti televisi dan mainan. Buatlah si kecil fokus pada makanannya dan lakukan dengan cara yang menyenangkan agar tidak cepat bosan.

5. Beri Kebebasan Saat Makan

Tips mudah mengatasi anak picky eater yang wajib diketahui selanjutnya adalah dengan memberinya kebebasan saat makan. Bolehkan si kecil untuk menyentuh makanannya sendiri, namun masih tetap dalam pengawasan orang tua. Tidak hanya itu, cara ini bisa dilakukan untuk mengenalkannya pula bagaimana memegang sendok atau garpu saat makan.

6. Buat Suasana Menyenangkan

Selain cara di atas, ada baiknya pula untuk membuat suasana yang menyenangkan pada saat makan. Dengan suasana yang mendukung, tentunya anak jadi lebih happy dan lebih menikmati makanannya. Orang tua bisa menyajikan makanan dalam berbagai wadah, seperti kotak makan lucu ataupun piring motif kartun kesukaan anak.

7. Biasakan Makan Bersama

Anak menjadi picky eater bisa pula disebabkan oleh kebosanannya saat makan sendiri, sehingga usahakan untuk selalu makan bersama. Si picky eater cenderung lebih tertarik apabila melihat banyak orang makan bersama, sehingga ia akan mencoba makan seperti orang di sekelilingnya.

Apalagi jika makanan yang disantapnya terasa enak, maka ia akan minta disuapi terus menerus dan bahkan meminta untuk diambilkan makan sendiri. Jadi, apakah tertarik untuk mencoba trik ini? tentunya anak tidak akan menjadi picky eater lagi dan melahap makanannya dengan baik.

Itulah 7 tips mengatasi anak picky eater yang wajib diketahui. Tentunya tips ini bisa dilakukan untuk mencegah orang tua stres akibat anak yang tidak mau makan. Jika cara di atas belum berhasil dan tidak mengubah kebiasaannya, maka sebaiknya lakukan konsultasi ke dokter anak untuk mengatasinya. Dengan penanganan yang cepat dan tepat, diharapkan kebiasaan buruk tersebut bisa hilang dan pola makan anak akan kembali baik seperti semula.