Categories
Default

5 Tips pintar cara merawat pakaian anak

Merawat pakaian anak memiliki cara yang sedikit berbeda apa lagi saat ini sangat banyak jenis dari pakaian untuk anak. Demi kenyamanan dan kesehatan kulit anak yang cenderung sensitif. Sebagai orang tua anda harus tahu cara terbaik dalam merawat pakaian si kecil. Terutama untuk anak yang cenderung aktif bermain diluar, sehingga sering terkena noda dan kotoran. Noda dan kotoran tersebut jika tidak segera dibersihkan pun akan berpotensi sulit hilang. Lalu bagaimana sih mom cara merawat pakaian anak? Berikut tips yang harus dilakukan dalam merawat pakaian anak yang harus diketahui serta dapat dijadikan referensi:

1. Hindari menggunakan mesin cuci

Penggunaan mesin cuci dalam merawat pakaian anak sangat tidak disarankan, cara merawat pakaian anak tentunya sangat baik dalam menahankan kualitas sesuatu pakaian. Karena bahan pada pakaian anak cenderung lembut dan halus. Sehingga dalam penggunaannya dapat berpotensi merusak bahan pada pakaian. Alangkah baiknya dalam mencuci pakaian anak anda tidak menundanya jika sudah terlihat sangat kotor. Sehingga tidak sulit untuk anda dalam menghilangkan kotoran secara manual.

2. Pisahkan pakaian anak 

Sebelum mencuci pakaian pisahkan terlebih dahulu antara pakaian anak dengan pakaian orang dewasa, atau bahan lainnya seperti seprei ataupun handuk yang berpotensi mengandung banyak bakteri. Cara merawat pakaian anak yang satu ini, sangat berguna dalam meminimalisir tercampurnya bakteri pada pakaian anak. Selain itu juga dengan mencuci terlebih dulu  pakaian yang kotor seperti bekas makan atau beks pup anak. Sehingga pakaian yang tidak begitu kotor tidak ikut  bercampur kotorannya.

3. Menggunakan deterjen yang aman

Deterjen yang aman umumnya terhindar dari penggunaan bahan kimia berbahaya. seperti  pewangi yang sebaiknya dihindarkan. Karena kulit anak yang cenderung sensitif dan mudah iritasi, maka mom harus berhati-hati dalam memilih deterjen untuk pakaian anak. Seperti dengan menghindarkan penggunaan pemutih pada pakaian anak.

Karena pengggunaan pemutih biasanya masih mengandung bahan kimia yang berpotensi merusak pakaian pada anak.Usahakan mom memilih pelembut pakaian yang cenderung lebih soft untuk anak anda. Karena bahan pakaian pada anak cenderung berpotensi rusak jika terkena bahan pewangi yang terlalu keras.

4. Penjemuran pakaian anak

Menjemur pakaian ditempat yang terlalu panas dapat memudarkan warna pada pakaian mom sebaiknya menjemur pakaian dengan membaliknya lalu mengeringkan kembali agar kering secara merata. Cara lain dalam menjemur pakaian anak yaitu dengan memerasnya secara berulang ketika ingin dijemur, agar pakaian yang akan dijemur dapat mudah kering.

5. Menyimpan pakaian anak

Setelah dilipat dan disetrika, simpan dan kelompokkan pakaian berdasarkan jenisnya. Agar ketika dicari mudah ditemukan. Usahakan anda menggunakan lemari  pakaian khusus anak agar mendapat slot penyimpanan yang sesuai . seperti memisahkan pakaian sehari-hari dan pakaian berpergian.

Gantung pakaian yang dapat digantung seperti pakaian berbahan katun. Untuk pakaian berbahan kaos sebaiknya  dilipat saja.Tidak ada salahnya juga anda menaruh kapur baru atau kamper sebagai anti bakteri. Tentunya dengan menaruhnya secara aman mom, tidak sembarangan.

Itu dia mom cara merawat pakaian anak yang harus diketahui serta dapat dijadikan referensi. Selalu ingat yah mom pakaian pada anak biasanya terbuat dari bahan yang lembut. Jadi usahakan mencuci pakaian dengan cara yang lembut yah mom. Kenyamanan penggunaaan pakaian pada anak tentu sudah menjadi prioritas. Nah itu sudah menjadi tugas kita mom menjaga sebaik mungkin pakaian yang mereka gunakan.